Nitip catatan ...Fiber glass

Apa Itu Fiberglass?
Salam Hangat Sahabat Pecinta Pengetahuan
Di postingan pertama sebagai jembatan untuk postingan berikutnya, kami telah menyiapkan pengetahuan tentang fiberglass (kaca serat) yang di simpul dari beberapa sumber dan semoga menambah wawasan bagi kita untuk lebih memahami Apa Itu Fiberglass?

source

Kaca serat (fiberglass) atau sering diterjemahkan menjadi serat gelas adalah kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis dengan garis tengah sekitar 0,005 mm - 0,01 mm. Serat ini dapat dipintal menjadi benang atau ditenun menjadi kain, yang kemudian diresapi dengan resin sehingga menjadi bahan yang kuat dan tahan korosi untuk digunakan sebagai badan mobil dan bangunan kapal. Dia juga digunakan sebagai agen penguat untuk banyak produk plastik; material komposit yang dihasilkan dikenal sebagai plastik diperkuat-gelas (glass-reinforced plastic, GRP) atau epoxy diperkuat glass-fiber (GRE), disebut "fiberglass" dalam penggunaan umumnya.
Pembuat gelas dalam sejarahnya telah mencoba banyak eksperimen dengan gelas giber, tetapi produksi masal dari fiberglass hanya dimungkinkan setelah majunya mesin. Pada 1893, Edward Drummond Libbey memajang sebuah pakaian di World Columbian Exposition menggunakan glass fiber dengan diameter dan tekstur fiber sutra. Yang sekarang ini dikenal sebagai "fiberglass", diciptakan pada 1938 oleh Russell Games Slayter dari Owens-Corning sebagai sebuah material yang digunakan sebagai insulasi. Dia dipasarkan dibawah merk dagang Fiberglas (sic). source

FUNGSI KOMPONEN-KOMPONEN FIBERGLASS

1. Resin, adalah bahan utama dalam pembuatan aneka barang dari resin/fiberglass. Ada beberapa fungsi yang kita dapatkan dari benda 1 ini diantaranya :
- hiasan
- lem
- bahan hardware pengganti plastik/kaca/mika/akrilic.
- dll

2.Katalis, adalah sebagai bahan aktif untuk mempercepat reaksi pengerasan resin.Apabila menggunakan katalis terlalu sedikit akan memperlama waktu pengerasan resin.Apabila terlalu banyak menggunakan katalis pada adonan resin juga menyebabkan resin lama kering (lengket).Pada takaran takaran tertentu resin dapat mengeras dalam waktu yang sangat singkat (dibawah 5 menit).Semakin cepat proses pengerasan maka panas yang dihasilkan semakin besar. Disarankan untuk menggunakan katalis dengan takaran yang pas. Apabila Anda sama sekali belum pernah menggunakan resin disarankan untuk mencoba sedikit untuk pengetesan,jangan gunakan sekaligus.

3.Fiber (matt), adalah untuk memberi efek anti pecah ibaratkan tiang beton yang diberi besi pada tengahnya. Dengan menggunakan fiber pada pembutan benda fiberglass maka akan memperkokoh benda khususnya pada bagian dalam benda.

4.Talk, adalah  sebagai bahan pengisi & penguat anti pecah bagian luar. (Fiber bagian dalam,talk bagian luar).Talk sebagai pengisi maksudanya adalah dengan mencampurkan 1kg talk + 1 kg resin maka menghasilkan 2 kg adonan resin.Apabila menggunakan talk hasil benda fiberglass semakin kokoh dan tidak mudah retak .Dalam pembuatan bangunan talk itu ibaratkan 'Pasir' ,resin ibaratkan 'semen' 
.
5.Silicone rubber, adalah sebagai bahan untuk membuat cetakan.Hasil cetakan yang dibuat berupa karet silicone yang lentur.Tidak hanya untuk cetakan resin,namun silicone rubber juga dapat digunakan sebagai cetakan gipsum,semen,clay dll.

6.Anti lengket, adalah Untuk melapisi permukaan cetakan dengan bahan adonan,sehingga tidak ada kontak antara cetakan dengan adonan (misalnya adonan resin).Hal tersebut berfungsi agar lebih mudah melepaskan benda hasil cetakan dengan cetakannya. Anti lengket seperti ini dikenal dengan Mold release. source

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumus Membuat Induktor

Perhitungan Lilitan Trafo Ferit untuk High-Frekuensi / SMPS Inverter

rumus penting seputar energi , akhirnya terang benderang